Minggu, 21 November 2010

TAUSYIAH KH. MAIMOEN ZUBAIR PRA IKHTIBAR

TAUSYIAH KH. MAIMOEN ZUBAIR PRA IKHTIBAR


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
الْحَمد لله رب العالمين وبه نستعين  على أمور الدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى أله وأصحابه أجمعين . أما بعد
   Para santri-santri ini bersamaan ikhtibar kakong putri apa laen-laen? tapikan waktunya bareng.  ألحمد لله رب العالمين  malam jum'ah ini saya bertemu dengan santri-santri yang ada di pondok Al-Anwar ini. Pondok pesantren yang berdiri di kurun saya berkhidmah di pondok pesantren ini. Yang artinya pesantren ini baru. Dan saya pertama yang bibit kawitan atau cikal bakal pondok ini, saya beri nama Anwar, itu ayah saya. Ayah saya itu namanya Zubair sebab orang haji dulu itu pasti ganti nama, saya sendiri haji juga masih ada sistim ganti nama, sebab orang Indonesia itu namanya إِمّاَ  suku jawa namanya jawa, إِمّاَ  suku aceh nama aceh, وَإِمّاَ suku bugis nama bugis, وَإِمّاَ  suku lampung kumereng, suku dari palembang, dari padang, apa medan semuanya suku-suku itu mempunyai nama bahasa yang sendiri-sendiri. Orang haji itu orang yang anggapan sudah baru artinya pasti tidak tercampur agama yang lain-lain atau peradaban yang lain-lain. Sudah Masuk kategori tahu akan negeri Arab tahu tanah suci dan ganti namanya dengan nama bahasa Arab. Jadi ayah saya walaupun sudah mempunyai nama Arab tapi di negeri arab, di makkah itu harus ganti nama. Jadi ayah saya namanya Zubair kemudian ganti nama Anwar, nama itu di Arab biasanya wektu saya mulai saya sampai kapan sebelum saya, ayah, embah, buyut saya itu kesemuanya pakek sayyid yang sayyid itu sayyid Syatho. Jadi Mulai Zainuddin Syatho mempunyai putra yang namanya sayyid Bakri Syatho. Sampai pada waktu saya cucunya sayid bakri saya ini, saya sendiri juga minta nama tapi tidak dirubah, saya Maimoen juga diberi nama Maimoen tapi ayah saya Zubair diganti Anwar, ayah saya Anwar. Jadi saya ingin mengabadikan ayah saya yang  ganti nama Makkah Anwar saya beri nama pondok ini pondok Al-Anwar kalau pondok Al Zubair kan rupanya kurang enak. Ayah saya itu asalnya dipanggil Anwar setelah ngaji di Maskumambang, wah jangan Anwar yang enak زُبَيْرْ tapi yang paling enak  جُبَّيْرْ jadi     kombinasi ,   جُبْ itu  artinya  sumur في غيابة الجب , بير itu makna amber. Jadi sumur itu ada sumur amber artinya artitis, ada sumur itu yang pakai timba (الدلو). Ini tidak usah pakai timba.  Jadi جُبَيْرْ. Kalau  جُبَيْرْ,  بير   itu juga baik artinya yang paling baik jadi kalau ada  جُبْ dikawinkan dengan بير  itu sumur dengan sumur artinya sumur dobel, itu sumur artitis jadi amber sendiri tanpa menimba. Sumur itu ada sumur ada sumber ada sendang. Jadi sumur itu pakai timba, sendang itu pakai tanah yang agak sedikit kebawah. Jadi ada tempat penampungan itu namanya sendang. Ada sumber, sumber itu artinya bisa keatas bumi. ini kesemuanya dipelajari nabi-nabi yang terdahulu. 
 .فاضرب بعصاك الحجر فا نفجرت منه اثنتى عشرة عيناKalau nabi Musa sumber   فاضرب بعصاك الحجر  pukulkan tongkatmu itu di batu, فا نفجرت  kemudian mencuwat atau memancar  منه اثنتى عشرة عينا Ini Musa. ada sumur, sumur itu di timba yaitu sumur Nabi Syuaib ditimba. Jadi Nabi Syuaib itu penggembala kambing  yang menggembala anak istrinya. Tapi sial sumur itu tertutup oleh apa? batu. Paham yo?.  Oleh Nabi Musa diangkat batu itu jadi sumurnya kelihatan bisa di ambil tapi pakai timba. Ada sendang, sendang itu Nabi Ayyub, Nabi Ayyub itu orang yang kaya, orang yang sugih. Jadi gak ada kaya sebagaimana Nabi Ayyub sebab Ayub itu diambil menantu Nabi Yusuf. Yusuf tidak anak Yusuf yang dikawin oleh Ayyub tapi cucu estrinya Yusuf  jadi gak ada Nabi  kaya kayak Nabi Ayub. Sudah istrinya secantik-cantik orang estri dan semuanya ada, mempunyai sumur yang tanpa ditimba karena apa? Sendang. Ini Nabi Ayyub. Jadi ada sumur, ada sumber yang memancar mencuwat, ada sendang ini kesemuanya air. Jadi Nabi itu membawa  air  sebab  air  itu  maknanya  hidup ,  hidup   iku urip jadi gak ada hidup kecuali dari air وجعلنا من الماء كل شيءحي  ,   وجعلنا من الماء   aku jadikan dari air segala apapun sesuatu yang hidup itu dari air,  jadi kalau orang yang sudah tidak bisa minum air pasti mati. Lha hidup ini ada dua hidup yang hayawani, kita semua ada nyawa ada nafsu. Ada hidup nabati, nabati itu tumbuh-tumbuhan baik itu tumbuh-tumbuhan maupun manusia ini hidup karena ada air   فأخرجنا به من الثمرات رزقا لكم.  وأنزلنا من السماء ماء   dalam    ayat     yang  lain
 الذي أنزلنا من  السماء ماء فأحييا به الأرض  .  فأحييا maka menghidupkan Allah , به  dengan air,  الأرض  akan bumi, bumi hidup karena tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan ini makan. Tumbuh-tumbuhan hidup untuk makan manusia dan hayawan semua. Sehingga apa itu nabati, apa itu hayawani kesemuanya dari air, air itu hubungan dengan nabati. Apa sebab segala yang hidup ini menjadi pokok? sebab itu yang membaca tasbih. Apa itu nabati apa itu hayawani itu pasti membaca tasbih. Karena itu mencabut, merusak nabati dilarang menurut syari'at, sama dengan mengurangi pembacaan tasbih kecuali karena kepentingan tidak baiknya bumi. Jadi kalau banyak rumput kanan kiri jalan gak dibersihkan itu rupanya baik atau gak baik? Lah ini jangan. Jadi jangan dianggap bahwa sesuatu itu pokok, tapi jangan sampai melupakan yang lain. Semua apapun yang hidup baca tasbih tapi kalau itu dianggap mengkotori dan membuat tidak baiknya pandangan membuat itu menyebabkan banyak hewan-hewan yang merusak manusia kayak ular dan lain sebagainya, boleh itu dipangkas boleh itu dihilangkan. Jadi jangan orang baca tasbih itu baik tapi kalo tasbih itu keterlaluan terus tasbih terus tidak tahu itu ini, lha itu namanya barang yang tidak tahu kanan kiri. Jadi harus tahu yang pokok itu  tasbih. Tasbih itu membuat pangkar kehidupan. Oleh karena itu tasbih orang yang ingin supaya ada kecukupan masuk di lahan pertanian, perkebunan kata Al-Qur'an apa itu? Baca bagaimana?  فإذا جنتك قلت ما شاء الله لا قوة إلا با الله .   ما شاء الله لا قوة إلا با الله apa yang dikehendaki Allah, tidak ada daya kecuali hanya Allah. Jadi tasbih ada
إن كل إلا يسبح بحمد ربه وما يعلم تسبيحه إلا الله ما شاء الله لا قوة إلا با الله  jadi baca tasbih. Baca tasbih yang artinya bukan tasbih tok, tetapi lain-lain dzikir yang ada datang dari syari'at agama islam atau agama yang dibawa oleh para Nab-nabi dahulu. Lha ini air. Air itu ada air lafdzi yang dari langit ada air ma'nawi. Apa air ma'nawi? Agama. Agama ini air مثل ما خئت به كمثل غيث  apa yang kamu datangkan ini bagaikan air. Di qur'an ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء   adakah engkau tidak mengetahui. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menurunkan dari langit air. Apa air itu? Wahyu. Ma'nawi atau lafdzi iki? ma'nawi. Kalau kita apa air itu? Qur'an . ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء   adakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah menurunkan dari  langit  air , Qur'an ini juga air. Ma'nawi apa lafdzi? ma'nawi.  فأخرجنا به من الثمرات  kemudian aku mengeluarkan kata Allah, lafadz yang dulu  ألم تر أن الله  sekarang  فأخرجنا aku . Jadi ini       تحول من الغيبة الى التكلم  . تحول   berpindah. Jadi kalau tahu Allah tahu siapa aku tidak ada kecuali Allah. Jadi kalau  ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء   adakah engkau mengetahui ketahui bahwa Allah menurunkan air غيب,  kemudian tahu bahwa gak ada aku kecuali Allah. Gak ada kami متكلم معظم نفسه . Mutakalim yang membesarkan diri sendiri Allah.  فأخرجنا به من الثمرات رزقا لكم  aku keluarkan dari pada itu buah-buahan.  Apa buah? Ilmu. Ilmu agama Ini tidak ada kecuali Al-Qur'an. Qur'an bisa membuahkan ilmu, qur'an yang ada di hati. Jadi Nabi itu Qur'annya diingatan apa di hati? di hati.   من كان عدوا لجبريل فإنه نزله على قلبه  bahwa Jibril menurunkan Al-Qur'an di hatimu Muhammad, dari hati ini  فأخرجنا به من الثمرات   dari buah ilmu. Jadi  Siapa yang gak ada ilmu macam mana bisa makan buah. Orang beribadah yang sekarang banyak wali katon berkalung tasbih ada gak itu? kesana kesini mengaku jadi wali ada gak sekarang? Itu gak dianggap wong tidak  ثمرات . ثمرات  ini yang dari hati Rosul, rosul hati ini dikeluarkan  di lesan. Dari lesan  masuk  kuping  para sahabat, dari kuping masuk hati. Firman Allah:    ولو علم الله فيهم خيرا لأسمعه  apabila Allah mengetahui orang yang baik diberi oleh Allah telinganya terbuka, telinga ini ada telinga lahir ada telinga batin "hati", jadi hatinya bisa mendengar. Jadi gak ada orang yang hatinya kayak hati Nabi kecuali para sahabat. Oleh karena itu  أنا أمان لأصحابي     aku ini adalah keamanan kepada sahabat-sahabatku. Kelihatan tampak keamanan itu disahabat yang nomor satu dua Abu   Bakar  dan sayyidina Umar  tidak  ada  fitnah,  tidak  ada  apa-apa.  Oleh  karena  itu   Nabi  bersabda:  
قلدوا عليكم بسنتي إتبعوا بالذين من بعدي أبي بكر وعمر .  إتبعوا  ikutilah orang yang sesudahku Abu Bakar, Umar ini yang jadi pokok, Jadi sahabat yang pokok Abu Bakar, Umar. Sehingga perubahan apapun yang dari Abu Bakar dan Umar jangan dihujat. Itu masih sahabatku dan   أمان لأصحابي   . Sahabat yang jadi pokok Abu Bakar, Umar. Sehingga apapun abu Bakar Umar gak sekayak Nabi. Ikuti Abu Bakar, Umar. Waktu Nabi gak ada orang yang menyimpan uang, gak ada mentri keuangan. Karena kalau ada uang dibagi. Gak perlu mentri keuangan. Apa gunanya mentri keuangan? rizqi itu dari Allah apa dari uang? Sekarang bisa orang kayak begitu? bisa gak? gak bisa. Jadi, sebab orang sesudah Nabi sesudah sahabat yang dua, ini gak bisa gak nyimpan duwit. Jadi ada mentri keuangan. Jadi pertama kali orang yang buat baitul mal itu siapa? Abu Bakar. Hukum orang islam punya baitul mal itu wajib apa sunnah? Wajib. Oleh karena itu Indonesia ini fakir terus. Ente feqir terus. Betul gak? Ada orang makan kurang dari batas sahabat. Sahabat memberi batas Nabi memberi batas makan sebulan gak boleh kurang 18-19 kg. Sefeqir-feqir orang islam kalau kurang 19 kg ya 'adzab ini, bukan tirakat. Oleh karena fitroh untuk orang islam 28 ons. Jadi kalau 25x3:4=6 1/4 6x30=18 kg, gak boleh 18 kg harus tambah 1/4x30. Jadi paling sedikit 19 kg. Kalau kurang, 'adzab itu namanya. Santri-santri sudah di 'adzab semua, sak  kyaine tidak merasa.  Mengaku   katanya   tirakat,    poso   dalail    macem-macem . فهو إنّ هذا لبهتان عظيم                  انا امان لأصحابي واصحابي أمان لأمتي   Jadi umum-umum ini. Jadi Abu Bakar membuat baitul mal. Bagaimana hukumnya baitul mal? wajib apa sunah? Wajib. Kalau nggak, adzab. Jadi orang islam Indonesia ini  diadzab mulai وجدنا عليه أباءنا وأجدادنا وأجداد أجدادناحتّى إلينا  paham ya? Sebab apa tidak mendahulukan air? air dianggap tidak penting الم تر أن الله أنزل من السماء ماء فأخرجنا به   dengan air itu, dengan qur'an, ثمرات   buah-buahan, مختلفا الوانها yang beda-beda macamnya. Jadi setelah daripada Abu Bakar Umar, ditambah Abu Bakar Umar, berbeda-beda macam rasa buah itu. Buah sama tapi rasanya beda. Sama-sama buah nangka, tetapi nangka Malang dengan nangka yang ada di Medan, lain. Sudah tahu Medan? Saya dari Medan meninjau kerajaan tempat raja Medan yaitu: kerajaan Deli. Deli itu mana? Medan. Karena saya ingin tahu istana yang nama maimun itu, hanya ada di Medan saja. Jadi istana raja itu namanya istana apa? maimun. Sudah pernah? Belum. Saya lihat istana maimun, wah sama dengan nama saya ini. Tapi saya tidak senang diistana itu. Disuruh masuk, saya nggak mau. Sebab rajanya feqir. Jadi saya hidup ini tidak senang feqir. Yang senang itu cukup terus. Saya masuk masjid, rajanya setimpa bersila didepan masjid sama orang-orang feqir. Ini raja Medan kyai, wah saya nggak mau ini. Itu istananya namanya istana nopo? Orang banyak feqir setimpo, kata orang jawa apa? Setimpo. Didepan masjid Deli. Saya ndak usah salaman. Nggak mau macam-macam saya, sembayang saja. Masjid itu tinggalan keturunan raja deli yang ke 5 atau yang ke 6. Sekarang raja deli yang ke 16. Jadi 10 kerajaannya. Saya lihat masjidnya baik tapi kecil. Ya itu yang indah. Saya dua kali di Medan, tapi baru ini saya ingin tahu istana maimun.Gara-gara ini bahwa Quran الم تر أن الله أنزل من السماء ماء فأخرجنا به . فأخرجناAllah sendiri aku,  به dengan air itu, ثمرات  ilmu-ilmu, مختلفا الوانها yang beda-beda rupanaya, rasanya beda. Jadi jalan ke surga itu ilmu. Sebab jalan ke surga nggak ada kecuali Al-Qur'an. Qur'an jadi ilmu. Jadi Sekarang banyak orang yang bersemedi yang tanpa ilmu tanpa ini akan jadi wali bahkan sampai berkalungan tasbih, puasa terus tapi kadang-kadang salah karena merokok, macam-macam itu. Jadi  فأخرجنا به ,  ,بالماء أي ثمرات, بالقرأن  ilmu. Coba ilmunya kok beda. Imam Syafi'i beda ilmunya dengan imam Maliki, imam Maliki beda ilmunya dengan imam Hambali, Imam Hambali beda ilmunya dengan imam Hanafi. Dan bentuknya juga berbeda. Kalau imam Hanafi orang ajam, kalau imam Hambali orang Arab yang tulen, kalau imam Maliki setengah-setengah. Sebab kata orang, imam Maliki budak belian. Kalau imam Syafi'i orang Quraiys. Coba mengapa beda kayak begini? Sebab Al-Qur'an (  مختلفا الوانها) rasanya juga beda, begitupun buah surga itu beda.من قبل وأتوا به متشابها  كلما رزقوا من ثمرة رزقا قالوا هذا الذي رزقنا . كلما رزقوا  dikala mereka diberi rizqi oleh Allah di surga  من ثمرات dari buah رزقا  akan rizqi, قالوا هذا الذي رزقنا من قبل ini rizki sama, sama kyainya.  Nggak ada bedanya itu yang kyai Syafi'i, Maliki, Hanafi, Hambali tapi sama. واتوا به متشابها  diberi oleh Allah mereka itu yang sama tapi beda. Jadi tahu beda tapi sama, tahu sama tapi beda. Mengapa buah mangga sama mangga-mangga gadung, tapi kalau dirasakan kok beda. Beda iku ora podo. Disini sampai di akhir zaman siapa manusia yang pandai dalam ilmu pertanian? yang bisa mengkawinkan. Ini sama-sama mangga gadung tapi rasanya keprok. Rasa itu itu rasanya ini macam-macam. Karena apa pelem makin maju sampai sekarang? tapi kelapa semakin habis apa tambah banyak? Karena tidak bisa mengawinkan. jadi     mestinya semua    apapun     bisa    dikawinkan.
  كلما رزقوا منها من ثمرة رزقا قالوا هذا الذي رزقنا من قبل وأتوا به متشابها , فأخرجنا به ثمرات مختلفا الوانها beda-beda, ente belum bisa beda sudah ramainya kaya' gini. Belum merasakan perbedaan sudah kayak gini. Ini ilmu akan hilang ilmu agama, dunia semakin tambah maju tapi ilmu agama semakin tambah runtuh. Oleh karena itu, ini muhadloroh, ini ada kaitan supaya ente yang sregep nggak usah mikir saya jadi apa? Kok saya jadi apa? Ya jadi orang. Wong Saya nggak pernah sekolah, SD saja nggak, apalagi SMP, madrasah saja nggak, ngaji-ngaji saya mulai kecil kepada ayahanda saya, kepada guru-guru saya . Tapi ya bisa hidup ngeten. Baru ini pusat pertanian ke tempat saya, perhutani ke tempat saya. Saya ngomong-ngomong terus saja, nyatanya mereka menerima semua. Tadi kolonel-kolonel polisi se-jawa timur ke tempat saya. Saya ngomongi polisi itu  serba macem-macem,  nyatanya juga wah iya kyai kok bisa saja. Jadi bulan ini saya ditamuni pertama polisi-polisi, kedua artis-artis, tapi artis bukan wanita yang laki-laki ya. Sebab saya akan membuka masjid-masjidnya artis-artis yang dulu saya buka dengan sang pesek itu. Di Jogja itu ada artis estri, artis pesek siapa namanya?  tini-tini itu siapa itu? Yati ya kan pesek gini. Saya janji ya saya buka, tapi janji supaya tini dipanggil. Karena itu dulu saya dengan itu, kata saya tadi. Jadi ini
 فأخرجنا به ثمرات مختلفا ألونها وغرابيب سود , وغرابيب dan yang hitam سود yang sangat hitam .غارب  itu hitam, ma'nanya hitam,. ومن الجبال جذذ بيض وخمر مختلف ألوانها وغرابيب سود dari gunung. Gunung itu kyai ulama', jadi kalau ada ilmu mesti ada ulama', ulama' itu gunung. Apa dikatakan gunung? Dunia ini kuat karena ada gunung. Coba kalau sudah nggak ada ulama'. Wong ente jadi Muhadloroh saja sudah males-males kaya' gini, akan jadi ulama' itu gimana? Mulane saiki Muhadloroh ini tamrinan seng sregep. Betul atau nggak betul? ini Saya munasabah, memperingatkan! jangan kau menganggap ilmu agama tidak ada gunanya. Yang jadi gunung itu siapa? Ulama'. Kalau gunung hilang, ulama' hilang, bumi hancur. Sebab ومن الجبال جدد بيض وخمر مختلف ألوانها وغرابيب سود ulama' itu adalah جدد jalan atau marga. بيض yang putih-putih, ikhlas-ikhlas. جذذ بيض وخمر ada yang apa? Yang merah. Jadi kalau ada putih ada merah. Kalau merah ada warna, semangatnya nggak ada yang kaya' merah. Ya betul! Semangat mana putih sama merah? Semangat merah. Jadi campur dunyo sitik-sitik. Faham yo? Jadi Kyai itu kalau kampong, nggolek pengaruh  ngawe pondok, ini pengaruhnya banyak, tapi nggak baik itu. Yang baik paling putih. Yang didahulukan putih apa merah? ومن الجبال جدد بيض Putih, ikhlas. وخمر dan merah-merah. Kalau merah ada semangat. Wong mulang wae katek ngenteni di pondok. Ini santri saya itu namanya adaخمر jadi yang baik   . بيضApa   بيض itu? putih. Ayah saya itu nggak punya pondok, nggak punya langgar, nggak punya apa, baca kitab ikhlas lillahi ta'ala. Jadi pondok  itu nomer dua apa nomer satu? nomer dua, atau ya nggak usah.  Jadi Ikhlas لله تعالى.  وخمر بيض  ada semangat karena ada pamrih. Yang cilakaسود  وغرابيب wes ireng, banget irenge. Nggak mau gerak, kalau nggak ada uang. Mulang iku oleh honor berapa? nggak usah ngritik guru, guru mung sitik wahe, ini baru خمر ya.  من الجبال جذذ بيض وخمر مختلف ألوانها وغرابيب سود Sekarang dibesarkan Allah SWT    ومن  الناس والدواب والأنعام مختلف ألوانه كذلك.  كذلك ini. Kalau baca  كذلك  waqof. Wong ini peringatan yang pertama dan yang belakang. ومن الناس والدواب والأنعام  .dulu apa  والأنعام  dulu? والدواب dulu ya.
ومن الناس والدواب والأنعام مختلف ألوانه  begitupun manusia مختلف , manusia,الأنعام   raja kaya atau hewan pokok kekayaan, apa itu? onta, sapi, kambing, dan domba. Dadi Wedus iku wernane loro, kambing dan domba. Berapa ini? ومن الناس والدواب apapun والأنعام مختلف ألوانه  juga banyak. Domba lain, domba Arab domba Jawa lain. كذالك , jangan كذلك إنما , wong  إنما itu isti'nafiyah atau ibtidaiyah atau wasafiyah? Isti'nafiyah.  ومن الناس والدواب والأنعام مختلف ألوانه leren. Jadi tahu manusia, tahu binatang, tahu pokok kekayaan hewan.مختلف ألوانه  juga beda-beda warnanya. كذلك kalau كذلك إنما keliru, wong إنما iku isti'nafiyah. Jadi كذلك bisa kesana bisa kesini. Kalau baca Al-Qur'an كذلك.     ومن الناس والدواب والأنعام مختلف ألوانه كذلك jadi satu kalimat.
العلمأ إنما يخشي الله من عباده  Bahwa sesungguhnya yang paling takut kepada Allah adalah ulama', jadi pokok takut pada Allah adalah ulama'. Ulama' bisa mempunyai takut pokok kepada Allah karena ada ilmu. Ilmu bisa itu karena Ilmu itu sumbernya Al-Qur'an. Jadi, ini nggak bisa. Ora iso kowe ape dadi duwe ilmu agomo seng tenan diluar dari pada baca kitab. Jadi Saya mengharapkan, kalau sudah berani masuk Muhadloroh tolong supaya benar-benar mendalami kitab ini. Mendalami kitab ini hukumnya fardlu kifayah, fardlu 'ain. Jadi orang baca kitab jangan gemen-gemen. Wong kitab saja itu jangan gemen-gemen. Kitab kita سهي. سهي  itu mesti miring. Miring apa kebawah? Miring untuk semua kawasan yang ada di Asia tenggara ada Minis Birma. Birma sama dengan Banglades.Paham yo? Ulama'-ulama'nya, misi dan visi adalah sama dengan Banglades. Jadi mulai Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina ini sama mempunyai kesamaan Allah, menyebarkan ilmu agama yang menjadi perkembangan  islam ini dengan tulisan miring. Tulisan miring ini pokok hanya dua, Jawa dan Melayu. Jadi pertama. Jadi Walaupun orang Birma itu bahasanya lain, orang cempa atau orang Kamboja tapi semuanya itu belajar dengan bahasa melayu. lha jawa ini ada Melayu, Betawi Melaya. Paham yo? tapi lain Betawi-Betawi, Jawa-Jawa oleh karena perkembangan Islam itu Jawa, jawa itu dulu semuanya dikatakan Jawa. Jawa Al-Marikiyah, wong saya ini Jawa Marikiyah. Yang mari-mari itu namanya Jawa Al-Marikiyah. rene-rene, mriki-mriki [Al-Marikiyah]. Jadi jawa ini dua. Jadi Islam ini agama yang jadi pokok adalah ilmu.
إن الله لاينظر إلى صوركم ولا إلى لباسكم ولكن ينظر إلي ما فى قلوبكم  ilmu agama yang dari nabi, nabi ke hati, hati itu semua sahabat Qur'an di hati. Karena itu, sohabat tidak butuh hafal Al-qur'an semuanya Wong tidak dibaca tapi masuk hati. Oleh karena sohabat itu ada yang hafal surat البقرة , ada yang hafal  surat النسأ , ada yang hafal surat   ال عمران  , ada yang hafal surat  المائدة , ada yang hafal surat  الأنعام , ada yang hafal surat الأنفال , ada yang hafal surat الأعراف . berapa ini? jadi yang panjang pas itu tujuh. Haqiqat yang dibahas sama. Al-Qur'an itu nggak ada yang membahas selain ini, kalau ada itu sedikit-sedikit. Pokok yang dibahas Qur'an itu tujuh. Jadi surat itu semuanya namanya kitab. Jadi kitab البقرة , kitab النسأ , kitab ال عمران , kitab المائدة , kitab الأنعام , kitab الأنفال , kitab الأعراف . Cuma pembahasannya sama, tata pembahasan berbeda. Jadi Misinya itu sama tapi visinya berbeda. Paham yo?. Sekarang nggak, nggak ada hatinya. Jadi nggak hafal Al-Qur'an kalau nggak kesemuanya. Betul nggak betul? Karena hanya dibaca. Hukumnya menghafal kesemuanya Fardlu kifayah, tapi lebih fardlu kifayah Al-Qur'an yang ada dihati. Sebab itu العلماء ورثة الأنبيأ . Siapa pewaris nabi yang kaya' nabi? Yaitu yang hatinya berisi Al-Qur'an, ma'na Al-Qur'an. Ngerti ngene iki ilmunya, ilmu jenjang sekarang dibalik ilmu yang ada dikarang oleh para ulama'. Jadi Muhadloroh perlu, yang jadi guru لله  تعالى dremo yo urunane sitik wahe. Kalau sitik ora gelem iuran, yo kebangeten. Sebab orang bisa alim adalah kalau uangnya ada …… . Jadi mengapa Sebab yang paling alim itu sayyidina Ali, yang menjadi pintu ilmu itu siapa? Ali. أنا مدينة العلم و علىّ بابها  sebab hanya Sayyidina Ali yang membayar uang kepada Nabi.
يا أيها الذين أمنوا إذا ناجيتم الرسول فقدموا بين يدي نجوكم صدقات ذلك خير لكم وأطهر فان لم تجدوا فإن الله غفور رحيم . يا أيها الذين أمنوا hai orang-orang yang beriman. إذا ناجيتم الرسول kalau kau akan bermunajat, akan berdiskusi, akan minta keterangan, akan berbicara kepada Rosul sebelum apa-apa فقدموا بين يدي نجوكم صدقات harus membayar sodaqoh. Jadi Muhadloroh, Saya menghendaki supaya ada bayaran, tapi nggak sedikit wong sodaqoh. Jadi Pak Naf'an jangan bilang wah yang baik sepuluh ribu. Nggak usah, nggak usah. Sodaqoh itu sedikit-sedikit saja, tapi kalau kesedikitan itu namanya seperti memberi orang yang faqir miskin, jadi di anggap gurunya pengemis. Itu baik atau nggak baik?.ذلك خير لكم وأطهر  فقدموا بين يدي نجواكم صدقات itu yang lebih baik dan lebih suci, hatimu bisa  disucikan oleh Allah memberinya ilmu kalau فقدموا بين يدي نجواكم صدقات . Kalau terpaksa, orang nggak punya apa-apa   فان لم تجدوا فإن الله غفور رحيم ini mansukh di nasekh
أأشفقتم أن تقدموا بين يدي نجواكم صدقات فإذ لم تفعلوا فتاب الله عليكم فأقيموا الصلاة وأتوا الزكاة وأطيعوا الله ورسوله والله خبير بما تعملون  kalau anu nggak apa-apa, jadi nggak pake soka juga tidak apa-apa. Boleh, Tapi biasanya nggak ada orang 'alim itu kalau tidak pakai sodaqoh. Dalilnya sekian orang sohabat yang  أبوابها مدينة itu siapa?  Sayyidina  Aliكرم  الله وجهه . Jadi ini saya minta perhatian, Muhadloroh ini saya menginginkan ini dilestarikan pakai kitab-kitab, syukur-syukur kalau bar Muhdloroh ingin mendalami kitab الحمد لله, nggak ada habisnya. Sekarang nggak, akan jadi apa? wong Belum-belum yang dibahas DPR, belum-belum yang dibahas PNS, saya nggak tahu PNS. jangan-jangan! kalau bisa. Orang itu kalau ilmunya banyak, kalau baca kitab bisa, itu ألله akan membuka segala apapun. Jadi orang 'alim itu pasti Tidak usah إن شأ الله pasti akan dibuka segala. Sebab itu paling  taqwa. Jadi apa Al-Qur'an menyebutkan ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب ini kepada orang-orang 'alim. Jadi ini nggak usah memikirkan besok kamu bagaimana? Wong Nyatanya di PNS, yang nggak PNS dan yang PNS itu banyak mana? Yang nggak PNS. Malah saya mempunyai mbah ''orang kalau jadi PNS itu kalau bisa jangan''. Sebab nggak ada PNS anaknya dipondokkan. Saya ini disek ingin anak cucu saya dipondokkan, ingin ngaji. Ngaji itu lestari kalau sudah tidak mau menjadi pegawai negeri. Tapi jangan anti pegawai negeri, kalau nggak ada pegawai negeri, rusak dunia ini. Kayak begitu. Tapi ente berani. Kalau sudah berani di Muhadloroh, berani ngaji,
teruskan! Sampai baca kitab, musyawaroh Muin baca, di diskusikan tidak usah geger-geger. Saya dengar iku geger-geger wahe, banter-banteran suara wahe.
لا ترفعوا أصواتكم فوق صوت النبيّ ولا تجهروا بالقول كجهر بعضكم بعضا sebab ilmu agama ini dari Nabi, dari hati Nabi, keluar dari Nabi dari hadits. Apa itu semua di sini. Tapi beda, kalau ulama' tanpa ada wahyu haditsnya,tapi kalau nabi  pakai wahyu. وما ينطق عن الهوى إن هو إلا وحي يوحى . وما ينطق عن الهوى  tidak mengucapkan Nabi dari apa kehendak hati. إن هو إلا وحي يوحى Segala apa yang diucapkan itu wahyu. Tapi wahyu ini keluar dari Al-Qur'an. Jadi nggak ada yang bertentangan. Ulama' bisa jadi ulama' keluar Qur'an ini bukan wahyu, tapi daripada ilham الله . diberi petunjuk oleh الله , diberi pengertian oleh الله . sehingga apa yang dikatakan Imam Syafi'i, itu dapat tuntunan الله, jadi hidayah daripada الله . Hidayah  الله  kepada ulama'   berbeda-beda.  Ini diberi hidayah kayak begini,  yang itu kayak begitu itu  مختلفا ألوانه .  Apa sebab  مختلف ألوانه ? sebab  وكل متغير حادث العلم متغير alam ini berubah-rubah, dulu nggak ada pesawat, sekarang banyak pesawat. Pesawat itu baru atau lama? Baru. الحمد لله saya dari Medan ke Jakarta naik pesawat garuda paling baru, jadi أول من saya ini. Saya diberi petunjuk, ini kyai naik pesawat garuda yang paling baru, oh ya memang baru. Kemarin itu dari Kalimantan ke Surabaya itu pesawat yang paling baru,  jadi kyai ini merasakan terbaru pesawat dari pesawat Mandala. Ya Rasanya memang enak. Jadi mana yang baru itu enak كل جديد لذيذ . Segala apapun yang baru itu rasanya apa? Enak. Jadi manakala bisa enak, ente nggak pernah merasakan baru. Pernah merasakan baru?. Santri saya nggak naik pesawat. Sudah Pernah? ''Belum baru ini''. O iya. Kok Wayahe pesawat saya ini, kok santri itu banyak yang nggak naik pesawat. Yang salah itu الله apa santrinya ya?. Jadi saya minta 'alim yang benar-benar. Nanti ini Muhadloroh harus perlombaan ringking. Bisa nggak itu? إن الله عزيز غفور العلماء إنما يخشي الله من عباده terusnya apa itu? infaq. Dadi Ulama'  itu mesti  banyak infaq.  Orang  itu  kalau 'alim  pasti banyak rizqi.  Dari mana? من حيث لا يحتسب        إن الله عزيز غفور .
إن الذين ينفقون أموالهم باليل والنهار سرا و علانية itu infaq. Jadi kalau sudah ente jadi إنما يخشى الله من عباده العلماء uangnya banyak. Dari mana? والله أعلم . Bisa baca kitab, kitab tidak usah disahi, yo dulu ngesahi. Tapi kalau sudah bisa baca kitab, tidak usah saha-sahan, wong sudah hafal. Itu delalah saya itu sah-sahan ilang kabeh dicuri sama anak. Nggak tahu saya itu. Saya itu Jurumiyah ada sah-sahan, alfiyah ada sah - sahan,    habis    semuanya.   Ihya' itu  saya sahi,  ihya' juga habis. Tafsir  jalalain  saya  sahi والله أعلم .  Jadi    sudah العلم فى الصدور لا فى الصتور ilmu itu dihati apa ditulisan? Dihati.
إن الذين ينفقون أموالهم باليل والنهار سرا و علانية ليوفهم اجورهم ويزيدهم من فضله إن الله غفور شكور . إن الذين ينفقون أموالهم  Jadi  gantinya, إنما يخشى الله من عباده العلماء . إن الذين ينفقون أموالهم bahwa sesungguhnya Allah, orang-orang yang menginfaqkan uangnya. Ulama' banyak uangnya. Imam Syafi'i itu asalnya lahir di Yaman, kemudian datang di Makkah bawa uang yang sebanyak-banyaknya, uang itu dihabiskan sama sekali. Jadi nggak bisa orang mencari ilmu, beri'timad kepada Allah, tapi i'timad kepada siapa? Allah. Kemudian pindah Imam Syafi'i ke Madinah belajar kepada Imam Maliki, oleh karena itu sanadnya Imam Syfi'i dari Imam Maliki. Imam Syafi'i quraisy, Imam Maliki itu setengah budak sahaya Setengah keturunan. Jadi orang itu kalau ingin 'alim, carilah ilmu siapa yang lebih 'alim. Jangan mengandalkan keturunan siapa. Imam Syafi'i akhirnya sanadnya kepada Imam Maliki jauh rendah dari Imam Syafi'i. Sebab Imam Syafi'i itu quraisy, Imam maliki itu turun budak apa? sahaya. Dan setengah orang ajam, itu Maliki. Kemudian Imam Maliki bisa 'alim kayak begitu, berguru kepada Nafi. Nafi' itu budak sahaya. Namanya saja Nafi', karena Abdullah bin Umar itu mempunyai murid, yang satu budak sahaya (Nafi'), yang satu anaknya. Sampai anaknya dinamakan Salim. Itu yang 'alim diantara sekian anak Abdullah bin Umar Yang 'alim siapa? Salim. Orang yang nama Salim itu budak. Jadi orang arab itu kalau Nafi', budak. Sebab manfa'ati. Tapi kalau anak dinamakan yang gagah perkosa, Abbas. Ma'nanya Abas itu merengut. Wong nek akeh merengute, berarti pemberani. Itu orang Arab. Tapi kalau Nafi' nama budak. Salim nama budak, Robah nama budak, mergo Rubah itu menguntungkan. Jadi anak tidak untuk keuntungan, tapi untuk kemulyaan. Orang yang hanya cari untung, sedikit-sedikit itu dagang. Orang dagang yang kecil. Oleh karena, santri itu kecil-kecil, karena dagang kaki tiga saja. Jadi Robah itu nama budak apa  nama  anak?  budak.  Jadi Sayyidina Umar, Ibnu Umar, Abdullah bin Umar itu اعلام الصحابة . mempunyai murid yang paling 'alim, budaknya: namanya Nafi', Imam Maliki cari  yang budak-budak saja. Walau seperti….nama budak masih lestari.  Jadi sanad yang  paling  namanya  sanad سلسة الذهاب  itu Sayyidina Abdullah bin Umar mempunyai murid Nafi'. Nafi' mempunyai murid Imam Maliki, Imam Maliki mempunyai murid Imam Syafi'I, imam Syafi'i mempunyai murid Imam Hambali. Sebab Hambali itu Imam yang bisa memperkawinkan antara ilmu syari'at dan  ilmu haqiqat. Jadi imam arba'ah yang  mengkawikan مجمع البحرين  itu Imam siapa? Hambali. Jadi oleh karena itu, siapa murid Syafi'i yang paling utama? Imam Hambali. Coba kayak gitu. Imam Hambali itu mempunyai murid Imam Bukhori, Bukhori itu anak budak. Mbahnya namanya Bardazbeh. Bardazbeh itu Tukimin. Aneh, Tukimin wahe iso 'alim-'alime hadits. Mulane wong iku kapan   لاعلم لنا تفاخر بالنسب  tidak ada ilmunya.
فإن أعلم العلماء فى الحديث الإمام البخارى وهو سبط بردزبيح , وبردزبيح إسم من أسماء العجم رجل مهان رجل مختقر ولد منه الإمام البخارى  . wah ini سلسة الذهاب Imam Bukhori mempunya murid yang paling 'alim, yaitu Imam siapa? Imam Muslim. Sebab Imam Muslim itu di susun haditsnya menurut ilmu fiqih. Pas ilmu fiqih hadits kaya' ilmu fiqih adalagi imam Abu Dawud jadi إمام أبو داود عن امام مسلم, مسلم عن البخارى, البخارى عن الأحمد بن حنبل , الأحمد بن حنبل عن الشافعى , الشافعى  عن المالكى, المالكى عن النافع , نافع عن إبن عمر , إبن عمر عن رسول الله صلى الله عليه وسلّم. يقال سلسلة الذهب (rantai-rantai emas) jadi menjaga sahabat ini Ulama' اقتديتم. أصحابي كالنجوم بايّهم اقتديتم  jadi sahabat itu dijaga ilmunya oleh para ulama'. Ulama' dijaga oleh siapapun sampai akhir zaman. Itu yang ahli sunnah wal jama'ah. Sunnah itu sunnah Nabi, jama'ah itu jama'ah para sahabat. Jadi apa yang dicetuskan para sahabat mempunyai ulama'-ulama', ini sama dengan sahabat-sahabat. Sanadnya semua dari para sahabat. Kalau umat islam ini masih aman nggak ada kecuali yang baca kitab yang dikuning-kuningkan itu. Biarlah. Jadi saya minta saya mohon dengan hormat, ente ngaji kitab ini teruskan!. والله العظيم nggak ada jalan kecuali ini, والله العظيم. Saya bersyukur. Berapa puasamu, berapa ibadahmu tanpa disertai ilmu nggak dipandang oleh Allah, karena itu musyawaroh mu'in. Ini mu'in saya harapkan benar-benar bisa dibaca. Nggak usah rame-rame bacakan mu'in. Musyawaroh teruskan. Saya mu'in ini daripada anak-anaknya syekh mu'in. Orang mana Mu'in itu? Orang India. India itu yang 'alim-'alim, India yang Syafi'i, jadi malibari itu  Syekh Zainuddin dari guru Zainuddin bin Hajar Al-Haitami. Ibnu Hajar itu orang Mesir pindah di Makkah. Ibnu Hajar Al-Haitami itu adalah rentetan daripada mujaddid-mujaddid di tahun 1000. Dibawalah Ibnu Hajar, terus Zainuddin AL-Malibari. Mulai Zainuddin Al-Malibari itu kepada anak-anaknya. Sanad saya dari anaknya, dari cucunya, dari cicitnya, dari orang yang lebih daripada cicit, baru dari guru-guru saya : Syekh yasin, guru saya ayahanda saya. Jadi berkah daripada orang 'alim itu kalau anaknya sampai cucunya ini syekh Zainuddin Al-Malibari. Syekh Zainuddin Al-Malibari gurunya adalah ulama'-ulama' dikurun 1000. 1000 kemudian 1100 yaitu yang ngarang kitab Al-Barzanji yang ngarang Abdullah Al-Haddad, itu 1100. Jadi 1100 ono seng ngarang Barzanji, ono seng ngarang manaqib syekh Barzanji, ada yang ngarang kitab-kitab dzikir, talqin yaitu Abdullah Al-Haddad. Oleh karena itu sampai sekarang Ahli sunnah siapa yang mau manaqiban dari kitab yang dikarang Al-Barzanji. Mau berzanjen yang ngarang juga Al-Barzanji. Mau dzikir dan mau talqin yang ngarang Abdulloh Al-haddad. 1100 1200 ini bangsa kita baru rame. Jadi kita ini belakang sekali. 1200 ada ulama' besar yang mengarang syarakh ihya'. Jadi apa sebabnya saya membaca ihya', ayah saya membaca ihya', mbah saya membaca ihya', buyut saya membaca ihya'? sebab ihya' itu disyarahi bersebar dipelosok dunia setelah disyarahi oleh syekh Al-Murtadlo اتحاب السادة المتقين . Syekh Murtadlo itu mempunyai murid kyai Abdul Manan Termas, kyai Abdul Manan Termas mempunyai murid Kyai Abdullah Termas, kyai Abdullah Termas mempunyai murid kyai Mahfudz Termas. Semua apa yang ada ini kesemuanya muridnya kyai Mahfudz Termas. Kyai Mahfudz Termas mempunyai murid mbah Hasyim Asy'ari yang bagian NU, mempunyai murid syekh Mahfudz At-Turmusi, kyai Faqih Maskumambang, kyai Faqih Maskumambang mempunyai murid ayah saya, ayah saya mempunyai murid saya. Jadi itu kurun mulai kurun 1200. 1300 yang sekarang ini saya ini termasuk kurun yang 1300 ngancek 1400. 1400 sekarang sudah 1431 jadi sama, saya ini 81, 23 jadi saya 1300 habis. 1400 itu 52 atau 53 saya sekarang sudah 83. Jadi saya mengikuti perubahan regenerasi dari 1300 sekarang 1400. kurun ini ada Syekh Yasin Alhamdulillah saya mengaji tapi sedikit ada syekh Amin Al-Hudri sedikit saya ngaji, ada syekh Sayyid Alawi saya ngaji sedikit, ada syekh India itu syekh Masyhad itu India saya ngaji sedikit. Sedikit-sedikit saya ini. Kok umpama saya ini nggak banyak rintangan, saya jadi orang 'alim. Jadi saya itu gagal-gagal terus. mulai dari tingkat ibtida' ada kegagalan, mulai tingkat tsanawi, aliyah ada kegagalan, mulai ngaji ada kegagalan. Tapi saya mempunyai I'tiqod yang mantap saya hanya ngaji bekal ini saya pegang insyaAllah sampai ila akhiril hayat. Sampai saya meninggalkan nggak ada apa yang ada dihati saya kecuali mengaji Walau saya gagal-gagal. antum supaya kalau bisa kayak saya gagal oh tidak gagal tapi pegang ini yang benar. Nggak ada bekal kecuali apa yang telah di firmankan Allah فأخرجنا به ثمرات مختلفا ألونها . Sekarang sudah campur jangan cari nama, tapi cari haqiqat. Jangan nama saja Nahdlotul Ulama' tapi haqiqat ulama' itu yang harus diketahui. Jangan terbujuk dengan banyak orang إن تطع أكثر من فى الأرض يضلّوك عن سبيل لله  kalau kau mengikuti mana yang banyak dibumi ini akan mereka menyesatkan kepadamu dari jalan Allah. Jadi yakinkan baca kitab ini adalah itu urutan daripada Ahlus sunnah waljama'ah. Sebagaimana yang saya terangkan ini أنا امان لأصحابي وأصحابي امان لأمتي. Bayangkan sekarang, orang khotbah sudah pakai ورضي الله من أصحاب رسول لله terus اللهم صل على محمد وعلى ال محمد وبارك على محمد وعلى ال محمد وعلينا  kok berani-berani وعلينا , sholat kepada dirinya khotib, itu sekarang. Jadi jelas sekarang ini orang sudah tidak mau berilmu, sampai berani khotbah dimana-mana pakai وعلينا . علينا itu kan sholat. jadi  الصلاة على النبي الصلاة على ال الرسول السلام على أصحاب السلام على الخطيب .  (هذا بدعة و كل بدعة ضلالة),  sebab sholat itu
tidak gemen-gemen. Sahabat saja nggak berani. Firman Allah والسابقون الاولون من المهاجرين والانصار والذين اتبعوهم بإحسان bagaimana? رضي الله عنهم. Jadi saya nasehati jangan sampai mengkritik orang. Aku hanya dihadapanmu sekalian ini dimana-mana biar saya ucapkan supaya kau tahu zaman yang sekarang mengapa segala berubah. Orang berani mentampakkan sendiri kayak sahabat. Nggak ada orang yang dahulu kaya' orang sekarang والله العظيم. Lha ini supaya benar-benar kembali kepada kitab-kitab yang disebut  كتب السلف الصالح. Saya kira ini saja, mudah-mudahan kalau difutuh oleh Allah SWT amin…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar