Jumat, 14 Mei 2010

Syekh Zeinuddin Bin Abdul Azizi al Malibari

Beliau adalah merupakan ulama' yang di lahirkan di daerah Malabar, India Selatan. Tak diketahui secara persis, kapan Syekh Zainuddin Al-Malibari lahir. Bahkan, wafatnya pun muncul berbagai pendapat. Beliau diperkirakan meninggal dunia sekitar tahun 970-990 H dan di makamkan di pinggiran kora Ponani, India. Tepatnya terletak di samping masjid Agung Ponani atau Funani.
Beliau adalah cucu dari Syeh Zeinuddin bin Ali pengarang kitab Irsyadul Qoshidin ringkasan kitab munhajul Abidin, sejak kecil, Syeh Zaenuddin al malibari telah terdidik oleh keluarga agamis, selain sekolah di al Madrasy yang didirikan oleh kakek beliau, beluau juga berguru kepada beberapa Ulama' Arab, termasuknya adalah Ibnu Hajar al Haitami dan Ibnu Ziad.
Syekh Zainuddin Al-Malibari, selain dikenal sebagai ulama fikih yang mengikuti madzhab Syafi'i, beliau juga dikenal sebagai ahli tasawuf, sejarah dan sastra. Beliau mempunya beberapa karyan dalam beberapa fan Ilmu, dan di antara karya-karya beliau adlah Fath al-Mu’in syarah atas kitab karyanya sendiri Qurrat al-Ayn Fi Muhimmati al Din, Hidayat al-Azkiya ila Thariq al-Auliya, serta Irsyad Al-Ibad ila Sabili al-Rasyad, dan Tuhfat al-Mujahidin.
Seperti kebanyakan ulama lainnya, Syekh Zainuddin Al-Malibari juga dikenal sebagai ulama yang sangat tegas, kritis, konsisten, dan memiliki pendirian yang teguh. Ia pernah menjadi seorang hakim dan penasehat kerajaan, dan diplomat.

3 komentar:

  1. biografi singkat ini sangat bermanfaat untuk saya, apakah ada buku atau rujukan yang menulis tentang syaikh zainudin bin abdul Aziz al Malibari yang bisa saya gunakan.

    mohon infonya, tolong kalau ada dikirim ke email saya
    zaki_mcgill@yahoo.co.id

    terimakasih banyak
    zaki

    BalasHapus
  2. sebenarnya tidak ada buku yang khusus membahas tentang Biografi beliau, tetapi ada ulama madura yang menulis buku yang di ambil dari kitab Fathul Mu'in cetakan India.

    BalasHapus
  3. Boleh tahu, ulama Madura itu siapa?

    BalasHapus