Minggu, 21 November 2010

SYEKH KYAI UMAR BIN HARUN SARANG

SYEKH KYAI UMAR BIN HARUN SARANG

 Beliau lahir di Sarang pada tahun 1855 M / 1270 H. Beliau diasuh oleh Kyai Gozali Sarang dengan didikan yang baik, sehingga beliau tumbuh dengan baik pula. Dan waktu mudanya digunakan untuk mencari bermacam-macam ilmu dari ulama’ pada masa itu, dari tempat satu ke tempat yang lain, sehingga beliau seakan-akan tidak ridlo pada dirinya sendiri untuk terlepas dari mencari masalah Diniyyah. Beliau sangat bersungguh-sungguh dalam mencari pengetahuan Diniyyah.
 Beliau pernah menjadi murid salah satu dari masyayekh Belitung, kemudian belajar dengan Syekh Kyai Sarbini Karang Asem Sedan. Pada waktu itu ilmu-ilmu yang beliau pelajari adalah Fiqih, ilmu Kalam Nahwu, Shorof, dan ilmu-ilmu yang lain.
Selain mendalami ilmu agama, beliau juga seorang ahli tirakat, seseorang yang mengamalkan wirid-wirid, dan asma-asma yang mempunyai kekhususan yang menakjubkan. Beliau adalah sosok yang mempunyai haibah yang sangat kuat, sehingga tidak ada seorangpun yang berani memandang wajah beliau, dalam keadaan inilah banyak sekali cerita aneh-aneh dan menakjubkan.
Kemudian beliau pergi ke Merak Urak Tuban dan belajar dengan Syekh Kyai Kafrawi, orang tua Kyai Fatur Rohman. Pengurus KUA (yang dulu), dalam waktu yang cukup lama. Hal itu terjadi sebelum Syekh Kafrawi menguasai kedudukan pengadilan dalam urusan Agama. Beliau (Kafrawi) termasuk orang yang dibuat rujukan dalam masalah ilmu Agama.
Kemudian beliau menuntut ilmu di Langitan Tuban dan belajar dengan Syekh Soleh selama 1 tahun. Setelah itu beliau menuntut ilmu di Makkah Al-Mukarromah selama beberapa tahun. Beliau menuntut ilmu di kota Makkah pada kurun waktu 13 H, yang bertepatan
 pada tahun 1297 H. 
Beliau belajar beberapa kitab agama dari Masayekh-masayekh dan ulama’-ulama’ yang sangat alim, diantaranya : Kyai Nawawi bin Umar Al-Bantani, Syekh Abu Bakar As-Syatho yang dikenal Syayyid Al-Bakri. Kemudian, beliau kembali ke kampung halaman pada tahun 1310 H dengan membawa suatu keberhasilan.

A.     MEMEGANG PONDOK PESANTREN
Setelah beliau kembali ke kampung halamannya, beliau mengajar di salah satu pondok pesantren Sarang. Beliau memegang Pondok Pesantren Sarang pada putaran yang kedua setelah mendapat mandat dari Kyai GOZALI. Pendiri pondok pesantren tersebut adalah mertua beliau dari istri pertama, kemudian menikah lagi dan tidak dikaruniai anak.

B.      MURID-MURID BELIAU YANG TERKEMUKA
   Ketahuilah, sebagian nama-nama murid beliau yang terkemuka diantaranya adalah : saudara-saudara beliau yaitu Kyai Kholil bin Harun pengasuh pondok pesantren Rembang, Kyai Fadhil Bin Harun pengasuh pondok di daerah Rembang, Kyai Sodiq bin Harun Sarang, Kyai Abdul Muhith Bin Kyai Sodiq  Adi pura dan Kyai Baidlowi bin Abdul Aziz Lasem, Kyai Ma’sum Lasem, Kyai Munawar Semarang, Kyai Masyhud Solo, Kyai Munawar Senori, Kyai Muhaimin yang wafat di kota Makkah, Kyai Zuhdi Pekalongan, Kyai Hasbullah Bin Sholeh Langitan, Kyai Abdur Rohman Demak, Kyai Kholil Demak, Kyai Ma’ruf Sugihan Tuban, Kyai Abdis Syukur dan Kyai Abdul Hadi, dan Masyayekh-masyayekh lain dari pondok pesantren terkemuka.

C. WAFATNYA KYAI UMAR BIN HARUN
   Beliau wafat pada tahun 1910 M, bertepatan 1328 H setelah menderita sakit jantung yang  tidak diketahui bahwa penyakit tersebut menjadi penyebab wafatnya beliau. Pada saat itu beliau berumur kira-kira 55 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman Masyayekh PP. Sarang.

2 komentar:

  1. Kok kh uMar bin harun lahir di sarang dan di asuh mbh ghozali? Emangnya siapane mbh ghozali kh.umat bin harun itu?

    BalasHapus
  2. Kok kh uMar bin harun lahir di sarang dan di asuh mbh ghozali? Emangnya siapane mbh ghozali kh.umat bin harun itu?

    BalasHapus