Sabtu, 05 Maret 2011

MENGENAL SOSOK WANITA SALEHAH

MENGENAL SOSOK WANITA SALEHAH 
By: Ust. M. Ma'shum

Mendengar nama bidadari tentu yang ada dalam bayangan kita adalah wanita cantik,dan lembut serta menawan dan kisah ini hanya ada dalam dongeng sebelum tidur. Sesungguhnya bidadari itu ada, seperti yang dikisahkan oleh Ibnu Qayyim Al jauziyyah dalam bukunya “Tamasya Kesurga, dimana dalam buku itu dikatakan bidadari2 itu adalah waninta suci yang menyenangkan bila di pandang mata,menyejukkan jika dilihat dan menentramkan setiap pemiliknya,wajahnya cantik jelita,kulitnya halus mulus,akhlaknya baik dan perawan kaya akan cinta dan umurnya sebaya.
 Sungguh satu gambaran yang sempurna dari seorang berjenis wanita yang menjadi bidadari surga. Dan akan timbul pertanyaan dihati siapakah yang mendapatkan bidadari itu ? jawabnya ialah yang mendapatkan bidadari surga adalah orang2 yang syahid karena berjihad di jalan Allah,orang2 yang tulus ikhlas membela agama Allah. Sebagian orang yang berpikir atau khususnya kaum adam,tentu akan bertanya kapan dapat bertemu dengan bidadari2 itu ? apakah bidadari2 itu bisa di miliki ? atau adakah sedikit di antara mereka mendiami bumi sekarang ini ? Sesungguhnya bidadari2 itu sudah turun kebumi semenjak islam bangkit di bumi.Bidadari itu menghias diri setiap hari,berwujud manusia yang berhati lembut,menyenangkan di pandang mata,meyejukkan dilihat,menentramkan hati setiap pemiliknya,dan dia adalah wanita salehah yang menjaga kesucian dirinya. Akan timbul lagi pertanyaan seperti apakah bidadari bumi itu ? Bisakah kita mengikuti langkahnya? Apakah dia anak ? adik? atau ponakan perempuan atau apakah dia ibu kita ,apakah dia juga kita sendiri ? atau semua ini hanya angan2 yang bisa di realisasikan ,tapi syeitan menahan.
Setiap wanita bisa menjadi bidadari bumi,bila ia memenuhi kriteria-kriteria antara lain :
1.Ia adalah wanita yang  taat kepada Allah,senantiasa menyerahkan segala urusan hidupnya kepada hukum dan syariat Allah.
2.Ia menjadikan Alquran dan Al hadist sebagai sumber hukum dalam mengatur segala aspek kehidupannya
3.Ibadahnya baik dan memiliki akhlak dan budi pekerti yang mulia tidak suka berbohong,bergunjing dan riya.
4.Berbuat baik dan berbakti kepada orang tua,dengan senantiasa mendoakan dan,menghormati mereka serta menjaga hak-haknya
5.Kalau dia bersuami maka dia akan taat kepada suaminya,menjaga harta suaminya,mendidik anak2nya dengan kehidupan yang islami,dan jika dilihat menyenangkan suami.jika di pandang menyejukkan mata dan serasa menentramkan bila berada di dekatnya,hati akan tenang bila meninggalkannya pergi,dan melayani suaminya dengan baik dan berhias untuk suaminya dan dapat membangkitkan motivasi dan semangat suami dalam usaha menunaikan semua kwajiban sebagai kepala keluarga seta berjuang membela agama Allah.
6.Tidak suka bermewah2 dengan dunia,tawadhu,bersikap sederhana,sabarnya luar biasa atas janji2 Allah,dan tidak berhenti belajar untuk bekal hidupnya.
7.Dia bermanfaat untuk lingkungannya,pengabdiannya kepada masyarakat dan agama sangat besar,meyeru manusia kepada Allah dengan kedua tangan dan lisannya yang lembut,hatinya bersih,akalnya cerdas .setidaknya itulah kriteria-kriteria pokok sebagai acuan dalam menggapai kesalehan bagi setiap wanita 
NILAI SEORANG WANITA SALEHAH
Rasulullah bersabda, “Dunia adalah perhiasan, sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita salehah.” (HR. Muslim).
Demikianlah pujian yang keluar dari mulut Rasulullah SAW tentang wanita yang salehah. Perhiasan adalah barang yang tidak saja indah dipandang mata, tapi juga amat berharga, yang tidak semua orang bisa memilikinya. Benda berharga itu tidak saja paling indah, tapi juga paling baik. Jika emas ia paling murni, jika berlian ia memiliki karat yang paling besar. Tak heran bila semua orang ingin memilikinya.
Rasulullah menyatakan bahwa istri salehah adalah nikmat terbaik yang diberikan Allah swt. Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa diberi rezeki oleh Allah berupa istri salehah, sungguh Allah telah menolongnya atas setengah agamanya. Maka bertakwalah, pada setengahnya lagi.”
Ketika para sahabat bertanya tentang simpanan yang paling mulia Nabi saw. menjawab: “Simpanan terbaik seseorang adalah lisan selalu berzikir, hati yang bersyukur, dan istri yang salehah: jika memandangnya menggembirakan dan jika memerintahkannya mentaati.”
MUDAH DIKENALI
Al-Qur’an menggambarkan wanita salehah dalam surat An-Nur, ayat 31: “Katakanlah kepada wanita beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasanna, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya, kecuali pada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka…”
Wanita salehah begitu mudah dikenali, ia mengikuti perintah agama dengan menghijab diri mereka. Dalam pergaulan ia mampu menjaga pandangannya. Ia selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
CIRI KEPRIBADIAN WANITA SALEHAH YANG BISA KITA KENALI:
A. Perkataan, pikiran dan tindakannya selalu positif.
Ia tidak menyia-nyiakan waktu untuk berkata-kata yang tidak bermanfaat. Tidak ada dalam sejarahnya, wanita ini berkata ketus dan pedas yang memerahkan telinga siapapun yang mendengarnya. Sebaliknya, ia tidak banyak berkata-kata kecuali untuk kebaikan. Kata – katanya yang positif merupakan cerminan dari apa yang ada dalam kepalanya.
B. Murah Senyum
Bagi wanita salehah, senyum adalah sedekah. Namun senyumnya tetap proposional. Tidak setiap laki – laki yang dijumpainya diberikan senyum manis. Senyumnya ikhlas dan tidak menimbulkan fitnah bagi orang lain.
C. Menjaga Akhlak
Wanita salehah pandai bergaul namun tidak larut dalam pergaulan yang melenakan. Kemampuannya sangat kuat untuk menjaga rasa malu. Ia mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang ditemuinya. Ia selalu yakin bahwa yang patut ia jaga adalah kekuatan hubungannya dengan Allah, karena jika keterikatan itu semakin kuat akan membuahkan kebaikan bagi dirinya dan orang lain.
D. Menghindari Fitnah
Wanita salehah menyadari kecantikkan bisa menimbulkan fitnah. Kecantikkan suatu saat bisa menjadi anugrah, tapi jika tidak hati – hati, kecantikkan juga bisa menjadi sumber msalah yang akan menyulitkan bagi pemiliknya. Kerena itu, prinsipnya adalah taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
E. Tidak berputus asa
Jika tidak cantik, atau memiliki keterbatasan fisik, wanita salehah tidak akan pernah merasa kecewa dan sakit hati. Ia menyadari bahwa rasa kecewa atau sakit hati adalah begian dari kufur nikmat. Ia tidak akan merasa minder dengan keadaan dirinya. Ia tidak pernah berputus asa atas rahmat Allah. Keyakinannya begitu kuat bahwa segala sesuatu yang dimiliki atau didapatinya adalah ketentuan Allah yang baik untuk dirinya. Karenanya, ia selalu memaksimalkan diri dalam ikhtiar dan bekerja keras dalam menjalankan ibadah.
    Karakter salehah sangat di harapkan bersemayam pada individu setiap wanita mengingat peranan mereka yang vital sebagai pendamping laki-laki dalam tatanan kehidupan manusia bila mereka salehah maka tatanan yang di harapkan akan tercipta dan bila mereka fasiqoh maka kehidupan akan carut marut karna fitnah yang mereka tebarkan, seperti yang pernah disabdakan Rosululloh
  'Tidaklah aku tinggalkan setelah kematianku kelak sebuah fitnah kekacauan yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki dari pada fitnah (yang disebabkan) wanita
Semoga selalu bisa di jumpai sosok-sosok wanita salehah yang mampu menebarkan hawa-hawa sorgawi dalam setiap kehidupan di dunia agar hamba-hamba Allah yang beriman senantiasa di liputi ketentraman dalam menyembahNya sampai datang masa yang hanya Allah saja yang tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar