Jumat, 10 Desember 2010

KYAI FATCHURROHMAN GHOZALI


KYAI FATCHURROHMAN GHOZALI

A.   kelahiran tumbuh kembang dan belajar beliau
beliau dilahirkan di Srang pada tahun 1288 H. beliau putra bungsu kyai Ghozali Sarang, beliau dididik olehorang tuanya dan belajar Mabadi'ul Ulum Diniyyah dalam bimbingan orang tua beliau sendiri. Dan belajar juga pada masyayikh-masyayikh pondok pesantren khususnya kyai Umar bin Harun Srang.beliau slalu bersungguh-sungguh dalam mencari pengetahuan Diniyyah sehingga beliau mengungguli sahabat-sahabat sejawatnya pada masa itu.
Kemudian beliau meneruskan tholabul ilminya di Solo kepada ulama'-ulama' disana khususnya Syekh Kyai Idris Solo. Beliau belajar mendalami fan-fan ilmu agama yakni fiqih, nahwu, shorof, ushul dsb. Kemudian beliau kembali ke kampong halaman dengan membawa keberhasilan.

B.   sifat dan akhlaq beliau
kyai fathur Rohman رحمة الله تعالى merupakan sempurnanya mahluk yang memiliki tingkah laku, haibah, kewibawaan yang besar. Dan belaiu merawisi akhlaq yang mulia dari ayahandanya. Seraya tawadlu', takut dan mengagungkan Allah dan sangat berpegangan pada agama, mendorong pada kebaikan dan menghilangkan kemunkaran dengan kemampuan dan lisan beliau sendiri. Beliau memiliki keluarga yang besar, yang mana setiap dari keluarganya menyayagi beliau. Seraya menjaga pada hak-hak para sahabatnya, mengasihi orang-orang yang lemah dan faqir. Beliau merupakan orang yang ramah tamah dan sabar, kokoh, teliti dan selalu berserah diri (tawakkal) kepada Allah SWT.

C.   mengajar dan memegang pondok pesantern di Sarang
ketika kembakli kekampung halamannya, beliau mengamalkan mensyari'atkan ilmunya denga belajar dan mengajar. Beliau sangat bersungguh-sungguh dalam memthola'ahi beberapa kitab, sehingga beliau tidak mengajar murid-murid beliau kecuali setelah memuthola'ahi kitab-kitab yang akan beliau ajarkan atau baca untuk murid-murid beliau dengan ibarat yang mudah dan jelasnya ma'na, demikian itulah yang selalu dilakukan oleh beliau sehingga beliau memegang pondok persantren di Sarang setelah wafatnya Al'alamah kyai Umar srang pada tahun 1330 H. pada saat itu pondok pesantren tsb memasuki daur atau putaran yang ke 3.

D.   murid-murid beliau
sebagian dari murid-murid beliau yang termulia adalah Syekh Kyai Bashori Sansuri Jombang, kyai Fathur Rohman Lasem. Kyai Abdul haq Mustofa lasem, Kyai Zubair Dahlan Srang, kyai Zuhdi Sarang, kyai Nahrowi, kyai Romli Sarang, K.H. Murdi Kendari dan Kyai Marchum dsb.

E.    istri dan keluarga beliau
beliau menikah dengan putrinya Basyar bin Ma'ruf Maqom agung Tuban. Dari pernikahannya dikaruniai putra-ptri yaitu : kyai Abdul Slam yang telah wafat di Makkah Mukarromah yang tidak mempunyai putra, dan Maymunah yang telah menikah dengan Kyai Imam Kholil Sarang yang dikaruniai dua putrid.
Kemudian istri beliau wafat dan menikah lagi yang kedua kalinya dengan putrinya K. H. Umar Tambak Boyo Tuban dan dikaruniai putra putrid tapi hanya tinggal satu yang masih hidup yaitu K. H. Ali Masyfu'. Keluarga K. H. Ali Masyfu' dan keluarga k. H. Ghozali adalah pendiri pondok pesantren putra di Sarang.

F.    Wafat
Pada tahun 1347 H kyai Fathur Rohman bersama istrinya yaitu nyai Hafshoh binti Umar pergi ke tanah haram Makkah untuk menunaikan ibadah haji kemudian disana beliau sakit sehingga beliau wajib mengqodhoi perkara yang diwajibkan baginya. Dan beliau tetap selamat.
Beliau wafat pada tahun 1348 H ditanah suci Baqo' dan dimakamkan disekeliling maqamnya orang-orang yang mendapatkan tempat yang luhur. Beliau wafat pada usia 60 tahun. Semoga Allah memberikan rahnat-Nya pada beliau dan menetapkan beliau di surga firdaus. Amin………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar